FAQ – Frequently Asked Questions

Sirkulasi (6)

Jika kamu mahasiswa Universitas Medan Area, kamu dapat meminjam buku tercetak sebanyak 5 eksemplar buku dengan peminjaman 3 eksemplar di perpustakaan pusat dan 2 peminjaman di perpustakaan fakultas (cabang)

Berdasarkan SK Rektor tentang tata tertib perpustakaan, masa pinjam buku di perpustakaan Universitas Medan Area adalah selama 7 hari dan dapat di perpanjang sebanyak 2 kali.

Berdasarkan SK Rektor tentang Tata tertib Perpustakaan, biaya keterlambatan pengembalian buku adalah sebesar 1.000 Rupiah Per hari Per Eksemplar. Maka dari itu selalu catat masa pinjam pengembalian buku ya.

Untuk saat ini, perpustakaan UMA hanya membuka layanan sirkulasi kepada civitas akademik Universitas Medan Area (Mahasiswa, Dosen dan Pegawai). Namun perpustakaan UMA menyediakan beberapa layanan daring seperti Repository yang dapat diakses secara publik.

Untuk menghindari keterlambatan buku, pastikan kamu selalu mencatat masa jatuh tempo pengembalian buku, selain itu jika kamu tidak sempat untuk ke perpustakaan, kami menyediakan layanan perpanjang mandiri yang dapat anda akses di Layanan Perpanjang Mandiri. Terima kasih.

Koleksi yang dapat di pinjam di perpustakaan UMA adalah Buku, sedangkan koleksi seperti jurnal, tugas akhir dan koleksi referensi lainnya hanya dapat di baca dan fotocopy di tempat.

Layanan Perpustakaan (5)

Untuk mengurus bebas pustaka, kami menyediakan 2 cara pertama dengan cara Online melalui layanan Sinditaka (Sistem Informasi Digital Perpustakaan), kemudian login menggunakan akun AOC kamu dan pilih menu bebas pustaka. Pastikan kamu sudah membayar uang bebas pustaka melalui bagian Keuangan Universitas.

Kedua dengan cara datang langsung ke Perpustakaan Pusat membawa kwitansi pembayaran bebas pustaka dan Kartu Tanda Mahasiswa ke bagian administrasi.

*Note : Selama Era New New Normal Perpustakaan Hanya Berlakukan Bebas Pustaka Via Sinditaka.uma.ac.id, untuk panduan silahkan cari di menu “Arsip”

Untuk proses penyerahan tugas akhir, kami menyediakan 2 cara untuk memudahkan civitas akademik UMA, yang pertama dengan cara Online melalui aplikasi Sinditaka (Sistem Informasi Digital Perpustakaan), Login menggunakan akun AOC dan pilih menu penyerahan tugas akhir.

Cara lainnya adalah dengan cara datang ke Perpustakaan Pusat UMA ke bagian administrasi perpustakaan dengan membawa persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Adapun persyaratan penyerahan tugas akhir (skripsi dan tesis) civitas akademik UMA adalah sebagai berikut :

  1. Membawa surat keterangan telah menyerahkan Skripsi ke perpustakaan cabang
  2. Membawa tugas akhir tercetak untuk verifikasi berkas
  3. Membawa Softfile tugas akhir dalam bentuk CD dengan format dan ketentuan dapat di unduh melalui laman “Arsip” Perpustakaan kemudian carai “Format CD Mahasiswa.pdf
  4. Peraturan lebih lengkap juga tertuang pada SK Rektor tentang Regulasi Penyerahan Lokal konten Civitas Akademik yang juga dapat di unduh pada laman Arsip Perpustakaan.

*Note : Selama Era New Normal Perpustakaan hanya melayani penyerahan skripsi melalui Sinditaka.uma.ac.id, untuk panduan silahkan cari di menu Arsip

Sesuai SK Rektor tentang Tata Tertib Perpustakaan UMA, jam operasional perpustakaan adalah sebagai berikut :

  • Kampus I (Kampus Pancing)
    • Senin – Jumat : 08.00 WIB – 12.00 WIB, 13.45 WIB – 16.00 WIB
    • Sabtu : 08.00 WIB – 12.00 WIB
  • Kampus II (Kampus Setiabudi)
    • Senin – Jumat : 08.00 WIB – 12.00 WIB, 13.45 WIB – 19.00 WIB
    • Sabtu : 08.00 WIB – 12.00 WIB
  • Akses Layanan Online 24 Jam/7 Hari

untuk saat ini, layanan Online perpustakaan UMA adalah :

  1. OPAC : Alat mencari Koleksi Perpustakaan
  2. Repository : Digitalisasi Lokal Konten UMA
  3. Website : Media Informasi Perpustakaan
  4. Smartlib : Portal Integrasi Perpustakaan
  5. Sinditaka : Layanan Mandiri Administrasi Perpustakaan

Semua layanan dapat diakses secara online yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Layanan Online perpustakaan juga akan terus berbenah seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Repository (3)

Saat ini, Repository Universitas Medan Area menyediakan berbagai lokal konten mulai dari skripsi, tesis, tulisan dosen, buku panduan hingga arsip institusi, anda dapat melihat selengkapnya pada laman http://repository.uma.ac.id 

Jika anda adalah civitas akademik Universitas Medan Area, untuk mengakses file yang di proteksi (kunci) pada repository, anda dapat mengajukan permohonan akses file melalui menu Fasilitas>>File Proteksi Repository. Jangan lupa login menggunakan Email Students.uma.ac.id atau staff.uma.ac.id untuk dapat mengakses formulir permohonan.

Ada 2 cara mencari koleksi di Repository :

  1. Dengan cara memasukan kata kunci melalui kolom pencarian di repository seperti judul, kata kunci, maupun nama penulis.
  2. Dengan cara menjelajahi koleksi repository berdasarkan Kategori.

OPAC (Online Public Access Catalog) (2)

Opac merupakan alat pencarian koleksi di perpustakaan Universitas Medan Area. Untuk memulai pencarian silahkan kunjungi situs http://opac.uma.ac.id kemudian ketikkan kata kunci pada kolom pencarian seperti judul, nama pengarang, atau penerbit. Kamu juga dapat membatasi pencarian dengan fitur advanced search.

Untuk mencari ebook di OPAC, silahkan kunjungi OPAC UMA, klik “advanced search” pada kolom pencarian, Pada “tipe koleksi” pilih “Ebook” dan klik Pencarian. Anda juga dapat mencari tipe koleksi lain seperti jurnal, direktori, kamus, magazine dan masih banyak lagi.

Keanggotaan (1)

Untuk saat ini, saat anda telah terdaftar sebagai civitas akademik UMA otomatis anda sudah menjadi anggota perpustakaan dan sudah dapat memanfaatkan fasillitas perpustakaan.

Database & E-Resources (1)

Untuk mengakses database journal yang dilanggan UMA serta E-Resources lainnya, silahkan lihat pada menu Fasilitas>>E-Resources. Jika memerlukan bantuan teknis, silahkan hubungi Helpdesk/Ask Librarian melalui Whatsapp di https://s.id/asklibrarian

Load More

Copyright © 2017 PDAI - Universitas Medan Area

English EN Indonesian ID