Manfaatkan Layanan “Ask A Librarian” dari Perpustakaan Universitas Medan Area

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet telah membawa perubahan pada profesi kepustakawanan. Perkembangan tersebut  membawa  perubahan  peran bagi para pustakawan dari seorang yang menjaga informasi dan menggunakannya untuk kepentingan penggguna menjadi pemandu pengetahuan dan  instruktur yang mengajarkan ilmu yang disebut melek informasi. Perkembangan internet dan tersedianya informasi dalam jumlah yang sangat besar dan cepat,  menjadikan pustakawan bertugas untuk mengajarkan cara berpikir kritis kepada pemustaka perpustakaan.

Pada era informasi dan digital seperti saat ini pustakawan perguruan tinggi bukan lagi hanya seorang tenaga administrasi yang membantu mahasiswa mencari informasi ditempat yang dinamakan perpustakaan tetapi seseorang yang menyediakan kebutuhan informasi, fasilitas layanan dan pembelajaran tanpa dibatasi tempat, waktu dan bentuk.

Internet sebagai jaringan telekomunikasi berbasis online memiliki peran penting dalam menghubungan komunikasi antara orang yang satu dengan lainnya dalam waktu singkat dan tempat berbeda. Pemustaka dapat mengetahui jasa-jasa yang dikelola dan produk-produk informasi yang dihasilkan oleh perpustakaan melalui internet. Selain menghemat tempat dan biaya, internet juga membantu meningkatkan kualitas layanan informasi secara cepat dan tepat.  Cepat berarti “tanggap”, petugas online dapat menjawab pertanyaan pengguna jasa dalam waktu seketika; dan tepat berarti “efektif”, petugas dapat menyediakan informasi yang jelas dan tuntas. Ke dua hal tersebut dapat terwujud apabila petugas online dapat bekerja profesional, artinya wawasan, keterampilan, dan pengetahuan tentang pemanfaatan internet dan penelusuran informasi sudah dikuasi dengan baik. Layanan online yang dimaksud di sini adalah layanan informasi melalui “chatting”.

Perpustakaan Universitas Medan Area telah memanfaatkan adanya internet dengan baik, salah satunya yaitu dengan adanya layanan online berupa layanan informasi melalui chatting. Adapun layanan ini disebut dengan layanan “Ask a Librarian”. Untuk dapat memanfaatkan layanan “Ask a Librarian” ini, pengguna dapat menggunakan aplikasi chatting “WhatsApp”. Pengguna dapat langsung mengundang/ menginvite nomor handphone yang tertera atau dapat juga mengklik link yang ada dibawah ini:

  ASK LIBRARIAN

Sebagai contoh, pengguna perpustakaan dapat menanyakan hal-hal terkait perpustakaan seperti peraturan perpustakaan, jam layanan, fasilitas, peminjaman dan pengembalian serta perpanjangan, penggunaan catalog online dan masih banyak lagi.

Selain link diatas, pengguna juga dapat melihat video singkat mengenai “Ask a Librarian” Perpustakaan Universitas Medan Area melalui video berikut ini: 

Diharapkan dengan adanya fasilitas layanan ini, pengguna perpustakaan lebih antusias dan lebih penasaran dengan informasi-informasi yang ada di Perpustakaan Universitas Medan Area, serta dengan ini juga Perpustakaan Universitas Medan Area dapat meningkatkan kualitasnya dari segi pelayanan pengguna. [DA]

 

Kutipan: Media Pustakawan “Pengembangan Profesi Pustakawan”. Edisi : Vol. 17 No. 3 – Juni 2010. Web. 31 Oktober 2018. <http://perpusnas.go.id/kelembagaan/magazine-detail.php?lang=id&id=8281>

LAYANAN REFERENSI MODERN DI ABAD INFORMASI : PERSPEKTIF PERGURUAN TINGGI.  Web. 31 Oktober 2018. <https://www.academia.edu/12584304/LAYANAN_REFERENSI_MODERN_DI_ABAD_INFORMASI_PERSPEKTIF_PERGURUAN_TINGGI>

 

Share this :

Comments are closed.

Copyright © 2017 PDAI - Universitas Medan Area