Layanan Pendidikan Pengguna (User Education Service)

Dibalik “tahu”nya seseorang, terdapat proses pendidikan didalamnya. Seperti ucapan Aristoteles “Satu tanda khusus dari keseluruhan ilmu pengetahuan adalah kekuatan pendidikan”. Pendidikan bisa didapatkan di kelas-kelas, pada umumnya sekolah. Tapi belajar dimulai dari diri sendiri yang memiliki keingintahuan, dan keingintahuan tersebut bisa didapatkan di lokasi dimana sumber informasi dihimpun, disimpan, dikelola, dilayankan. Maka benarlah pendidikan berakar dari perpustakaan, dimana perpustakaan tempatnya sumber ilmu pengetahuan.

Sebagaimana definisi fungsi perpustakaan yang melingkupi pendidikan, sumber informasi, sumber penelitan dan tempat rekreasi. Lingkup pendidikan menjadi tugas dan tanggung jawab perpustakaan. Sebagai suatu bentuk tanggungjawab terhadap masyarakat Ilmiah Universitas Medan Area yaitu mahasiswa yang sekaligus sebagai pengguna perpustakaan, Pustakawan Universitas Medan Area menunjukkan rasa tanggungjawab tersebut melalui Program Pendidikan Pengguna (User Education). Adapun pandangan yang tepat mengenai pentingnya pelaksanaan pendidikan pengguna dinyatakan Rangkuti (2014, VOl. 1) bahwa “kemampuan pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan”. Agar tercapainya keberhasilan pendidikan, Penerapan pendidikan pengguna tidak dapat dihindari. Adapun metode pendidikan pengguna di Perpustakaan Universitas Medan Area yang digunakan terdapat 3 cara : Orientasi Perpustakaan, Pengajaran Perpustakaan dan Panduan Pengguna.

  • Orientasi Perpustakaan adalah kegiatan mengenalkan Perpustakaan Universitas Medan Area, dari bentuk dan sistem layanan, letak lokasi keberadaan, Jumlah perpustakaan, informasi yang dimiliki terkait koleksi dan jenisnya, akses dan jam buka layanan serta keanggotaan.

Kegiatan Orientasi Perpustakaan di Universitas Medan Area dilakukan setiap hari pertama penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan ini telah menjadi program Universitas Medan Area.

  • Pengajaran Perpustakaan adalah kegiatan mengenalkan sistem layanan perpustakaan : mulai dari apa saja layanan perpustakaan, bagaimana cara akses hingga sampai ke pemanfaatannya secara optimal. Mencakup hak keanggotaan yang didapatkan, fasilitas, penghargaan, dan kewajiban yang harus dipahami meliputi aturan-aturan yang harus dipatuhi.

Kegiatan Pengajaran Perpustakaan di Universitas Medan Area dilakukan dengan membuka kelas literasi, dengan cara bersinergi dengan setiap fakultas yang berada dilingkungan Universitas Medan Area.

  • Panduan Pengguna adalah kegiatan mengenalkan sistem layanan perpustakaan secara face to face. Artinya setiap pengguna yang datang langsung ke perpustakaan dan membutuhkan cara akses sumber informasi, maka secara sukarela sebagai tanggungjawab profesi, pustakawan Universitas Medan Area langsung memberikan panduan (user Guide).

Adapun tujuan pendidikan pengguna yang dilakukan agar pengguna dapat memanfaatkan perpustakaan secara optimal. Senada dengan pernyataan Rahayuningsih (2005) tujuan pendidikan pengguna antara lain :

  1. Agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien.
  2. Agar pemakai dapat menggunakan sumber-sumber literature dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
  3. Memberi pengertian kepada mahasiswa akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak.
  4. Memperkenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi dan ciri-cirinya.
  5. Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustkaan dan sumber-sumber informasi agar pemakai mampu meneliti suatu masalah, menemukan materi yang relevan, mempelajari dan memecahkan masalah.
  6. Mengembangkan minat baca pemakainya.
  7. Memperpendek jarak antara pustakawan dengan penggunanya.

Daftar pustaka

Rangkuti, Lailan Azizah. 2004.Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan UIN Sumatera Utara. Jurnal Iqra’ Vol.08/No.01/ Mei 2014.

Rahayuningsih, F. 2005.Mengkaji pentingnya pendidikan pengguna. Infor Persadha Vol.3/No.2/Agustus 2005.

Share this :

Comments are closed.

Copyright © 2017 PDAI - Universitas Medan Area