Ada “DUTA” di Perpustakaan Universitas Medan Area

Perpustakaan dalam rangka mendukung kegiatan pemustaka khususnya mahasiswa, dosen dan pegawai Universitas Medan Area terus mengembangkan sistem layanan perpustakaan, satu diantaranya adalah sistem layanan temu kembali informasi secara efisen. Perpustakaan Universitas Medan Area tidak akan berfungsi dengan baik apabila dalam proses pemanfaatannya tidak diberdayakan secara tepat. Sehingga pembukaan kelas literasi informasi menjadi satu solusi bagi Perpustakaan Universitas Medan Area untuk mensosialisasikan bagaimana cara memanfaatkan perpustakaan secara baik. Adapun materi yang disampaikan disetiap melakukan kegiatan literasi terangkum dalam garis besar penyampaian yaitu “Cara Penelusuran Karya Intelektual” yang telah dilakukan sejak tahun 2017.

Namun dalam praktiknya, masih terdapat beberapa pemustaka yang kurang berminat untuk mengunjungi perpustakaan, penyebabnya antara lain: karena tidak paham untuk apa berkunjung ke perpustakaan dan suatu paradigma yang enggan untuk bertanya atau mencaritahu bagaimana memanfaatkan perpustakaan secara benar. Berangkat dari hal tersebut Perpustakaan Universitas Medan Area menjalin kerjasama secara internal yang bertujuan sebagai lidah penerus informasi perpustakaan ke pemustaka yang dikenal sebagai “Duta” Perpustakaan Universitas Medan Area. Duta yang dimaksud akan menjadi mitra Perpustakaan Universitas Medan Area untuk menyampaikan informasi perihal pemanfaatan fasilitas dan layanan yang dimiliki perpustakaan, adapun aktifitas Duta Perpustakaan Universitas Medan Area disimpul dengan program yang bernama “Kertas”, singkatan dari kreatif, respect dan tangkas. “Kertas” yang tidak terlepas daripada fungsi dan tugas Duta Perpustakaan untuk menimbulkan minat baca yang dapat melahirkan mahasiswa yang aktif menulis (kreatif), peduli informasi (respect), berkontribusi untuk menyebarkan ilmu pengetahuan (tangkas). Berikut mekanisme penentuan Duta Perpustakaan Universitas Medan Area:

  1. Mahasiswa Aktif Universitas Medan Area
  2. Nominasi Duta ditentukan berdasarkan tingkat peminjaman paling banyak selama sepuluh bulan belakangan, terhitung 1 Januari sampai dengan 31 Oktober (setiap tahun).
  3. Dilakukan ujian 5 soal terkait fasilitas layanan di Perpustakaan Universitas Medan Area.
  4. Pemenang terpilih sebanyak dua orang, masing-masing laki-laki dan perempuan.
  5. Duta Perpustakaan Universitas Medan Area dilantik pada saat acara wisuda Universitas Medan Area Periode ke II.
  6. Duta perpustakaan mulai bekerja pada awal tahun.
  7. Masa kerja Duta perpustakaan terhitung sejak 1 Januari sampai dengan 31 Desember.
  8. Status Duta otomatis gugur apabila telah selesai masa studi belajar dibuktikan dengan berita acara sidang skripsi sarjana.

Comments are closed.

Copyright © 2017 PDAI - Universitas Medan Area